Analisis Faktor - Faktor Retail Mix Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Factory Outlet (Studi Kasus Pada Toko Nugros Corner Di Kota Kediri )
Yudha Miranti Wulandari, 11.41.6568, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Factory Outlet (Studi Kasus Pada Toko Nugros Corner Di Kota Kediri).
Perusahaan eceran di Indonesia merupakan peluang bisnis yang memiliki prospek cerah, lebih-lebih di Indonesia yang jumlah penduduknya sangat besar dengan kebutuhan yang besar pula. Factory Outlet merupakan salah satu alternatif sarana belanja bagi konsumen yang menawarkan berbagai produk fashion mulai dari baju, topi tas, sepatu, parfum, sampai boneka.
Pentingnya memahami perilaku konsumen secara menyeluruh didasari atas pemikiran bahwa konsumen memegang peran penting dalam memilih tempat belanja yang mereka sukai untuk memenuhi kebutuhan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh dalam menentukan keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang dengan media kuisioner yang disebar kepada pembeli di Toko Nugros Corner beserta cabang-cabangnya.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa :
1. Lokasi (X1) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,148; produk (X2) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,108; harga (X3) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,143; promosi (X4) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,119; pramuniaga (X5) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,113.
2. Dari perhitungan r square atau r determinasi dapat dibuktikan bahwa masing-masing faktor yang terdiri dari lokasi, produk, harga, promosi, dan pramuniaga, mempunyai pengaruh yang signifikan dan bermakna terhadap keputusan pembelian (Y) diatas dalam model regresi sebesar 74,7% sedangkan sisanya 25,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model regresi.
3. Lokasi (X1) merupakan faktor yang terbesar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen (Y), yaitu sebesar 0,148.
Berdasarkan penelitian diatas, peneliti menyarankan agar pemilik modal memperhitungkan kelima variabel diatas dalam menentukan penanaman modal dan strategi penjualan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Yudha Miranti Wulandari/11416568 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
829/FE/2015 WUL a |
Klasifikasi |
829/FE/2015 WUL a |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2015 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|