ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK JATIM CABANG KEDIRI
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin meningkat, baik perusahaan yang bergerak di bidang industri, perdagangan maupun jasa, terlebih-lebih pada perusahaan perbankan. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan nasabah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan perbankan memerlukan berbagai usaha agar tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship yang terdiri dari pemasaran yang berkelanjutan, pemasaran secara individu dan program kerja sama secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Jatim Cabang Kediri.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Jatim Cabang Kediri, dengan diambil sampel sejumlah 100 orang nasabah yang dianggap mewakili populasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental random sampling yaitu suatu teknik pengumpulan data dimana sampel yang dipilih bukan merupakan hasil seleksi tetapi secara kebetulan berada di lokasi tempat penulis melakukan penelitian. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi 5%.
Dari hasil perhitungan koefisien regresi linier berganda menunjukkan bahwa pemasaran yang berkelanjutan, pemasaran secara individu dan program kerja sama mempunyai pengaruh yang positif dan searah dengan kepuasan nasabah. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa pemasaran yang berkelanjutan, pemasaran secara individu dan program kerja sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Jatim Cabang Kediri, terbukti kebenarannya baik diuji secara parsial maupun simulan.
Keywords: pemasaran yang berkelanjutan, pemasaran secara individu, program kerja sama dan loyalitas nasabah
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Desi Ayu Mustika Sari / 16419022 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1118/FE/2018 SAR a |
Klasifikasi |
1118/FE/2018 SAR a |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|