Analisa Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dealer PT MPM Motor Kediri
Pada era globalisasi sekarang ini yang salah satunya ditandai dengan perkembangan kegiatan ekonomi dan kemajuan di segala bidang memunculkan persaingan di dunia bisnis. Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar.
Perusahaan harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggannya.
Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menguji dan menganilisis pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian kendaraan bermotor di Dealer PT. MPM Motor Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 100 pelanggan Dealer PT MPM Motor Kediri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 16.
Teknik sampling yang dipakai adalah metode total sampling dan teknik pengujian data yang digunakandalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach, Analisis regresi linier berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Dimana hasil penelitian ini adalah variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan diantara variabel bebas lainnya yang diteliti yaitu sebesar 0,403. Kemudian pengaruh terbesar lainnya adalah variabel kualitas pelayanan sebesar 0.228. Selain itu juga adanya Hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Delaer PT MPM Motor Kediri.
Kata kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Ike Widya Arini / 16418899 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1110/FE/2018 ARI a |
Klasifikasi |
1110/FE/2018 ARI a |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|