PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pelanggan Alfamart di Kediri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Alfamart di Kediri, (2) pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga secara individu terhadap kepuasan konsumen Alfamart di Kediri, (3) pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan Alfamart di Kediri, (4) pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen Alfamart di Kediri,
(5) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen Alfamart di Kediri.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Alfamart di Kediri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 160 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi linier berganda dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari F hitung sebesar 28,728 dengan signifikansi 0,000<0,05; (2) kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh positif secara parsial terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,666, nilai signifikansi 0,000 dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,414 dan nilai t hitung sebesar 3,662, nilai signifikansi 0,000 dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,445; (3) terdapat pengaruh positif kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart di Kediri, dibuktikan dari t hitung sebesar 6,118 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,280; (4) terdapat pengaruh kualitas pelayanan yang dimediasi kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart di Kediri, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,1016 bernilai positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,0011<0,05; (5) terdapat pengaruh persepsi harga yang dimediasi kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart di Kediri, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,0888 bernilai positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,0057<0,05.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Ririn Dyah Winarni / 15418683 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1098/FE/2018 WIN p |
Klasifikasi |
1098/FE/2018 WIN p |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|