PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA KEDIRI


Salah satu strategi yang diterapkan untuk mempertahankan keunggulan bersaing adalah strategi diferensiasi produk yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Strategi ini yang digunakan oleh sepeda motor Honda umtuk memenuhi kepuasan konsumen diantaranya melalui diferensiasi berbasis fungsi produk, diferensiasi berbasis bentuk produk dan diferensiasi berbasis atribut subjektif.
Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Kediri yang menggunakan sepeda motor Honda, dengan sampel sebanyak 96 responden dan teknik pengambilannya dengan accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian dengan analisis deskriptif persentase menunjukkan diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan berbasis atribut subjektif sepeda motor Honda termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 0,488 + 0,409X1 + 0,534X2 + 0,344X3. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 26,026 dengan p value 0,000 < 0,05. berdasarkan hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna motor Honda untuk variabel diferensiasi berbasis fungsi produk 10,37%, variabel diferensiasi berbasis bentuk produk 9,18% dan variabel diferensiasi berbasis atribut subjektif 6,81%. Hasil koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,459, artinya 45,9% kepuasan konsumen pengguna motor Honda dipengaruhi oleh diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan berbasis atribut subjektif serta sisanya 54,1% dipengaruhi variabel lain diluar variabel yang diteliti.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subjektif terhadap kepuasan konsumen pengguna motor Honda parsial maupun simultan. Variabel diferensiasi berbasis fungsi produk berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Honda, disusul diferensiasi berbasis bentuk produk dan diferensiasi berbasis atribut subjektif.

Kata Kunci : Diferensiasi Produk dan Kepuasan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siska Windiarti / 14418287 - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 1079/FE/2018 WIN p
Klasifikasi 1079/FE/2018 WIN p
Judul Seri
GMD Skripsi Ekonomi Manajemen
Bahasa Indonesia
Penerbit F.Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit KEDIRI
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

 



Tahun

  • 2014  138
  • 2015  250
  • 2016  168
  • 2013  27
  • 2017  84
  • 2020  23
  • 2019  28
  • 2018  108
  •   1
  • 2012  11
  • 2009  4
  • 2010  35
  • 2011  36

Total ETDs : 913

Media Sosial / Kanal

Facebook Universitas Kadiri Official
instagram Universitas Kadiri Official

Address

Jl.Selomangleng, No.1
Pojok, Mojoroto
Kediri (64115)
E: perpusunik14@gmail.com