PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA KEDIRI
Salah satu strategi yang diterapkan untuk mempertahankan keunggulan bersaing adalah strategi diferensiasi produk yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Strategi ini yang digunakan oleh sepeda motor Honda umtuk memenuhi kepuasan konsumen diantaranya melalui diferensiasi berbasis fungsi produk, diferensiasi berbasis bentuk produk dan diferensiasi berbasis atribut subjektif.
Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Kediri yang menggunakan sepeda motor Honda, dengan sampel sebanyak 96 responden dan teknik pengambilannya dengan accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian dengan analisis deskriptif persentase menunjukkan diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan berbasis atribut subjektif sepeda motor Honda termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 0,488 + 0,409X1 + 0,534X2 + 0,344X3. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 26,026 dengan p value 0,000 < 0,05. berdasarkan hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna motor Honda untuk variabel diferensiasi berbasis fungsi produk 10,37%, variabel diferensiasi berbasis bentuk produk 9,18% dan variabel diferensiasi berbasis atribut subjektif 6,81%. Hasil koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,459, artinya 45,9% kepuasan konsumen pengguna motor Honda dipengaruhi oleh diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan berbasis atribut subjektif serta sisanya 54,1% dipengaruhi variabel lain diluar variabel yang diteliti.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh diferensiasi berbasis fungsi produk, bentuk produk dan atribut subjektif terhadap kepuasan konsumen pengguna motor Honda parsial maupun simultan. Variabel diferensiasi berbasis fungsi produk berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Honda, disusul diferensiasi berbasis bentuk produk dan diferensiasi berbasis atribut subjektif.
Kata Kunci : Diferensiasi Produk dan Kepuasan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Siska Windiarti / 14418287 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1079/FE/2018 WIN p |
Klasifikasi |
1079/FE/2018 WIN p |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|