ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK K24 MAUNI KEDIRI
Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan, maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk pelayanan di Apotek secara bertahap perlu ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien serta memberi kepuasan kepada konsumen/ pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh masing-masing variabel yaitu kualitas pelayanan, hargadan motivasi terhadap keputusan pembelian.
Dalam penelitian ini data diperoleh dari penyebaran angket (kuisioner) dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen/pelanggan Apotek K24 Mauni dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif . Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji F serta analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga variabel indipendent tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan, harga dan motivasi dengan keputusan pembelian. Nilai R square sebesar 0,864 menunjukkan besarnya pengaruh ketiga variabel independent tersebut sebesar 86,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisa dari penelitian ini, kualitas pelayanan di Apotek K24 Mauni perlu ditingkatkan, seperti memberikan perhatian kepada konsumen/pelanggan disaat melakukan konseling dan bersikap ramah kepada konsumen/pelanggan pada saat memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Motivasi, Keputusan Pembelian
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Rudi Hartanto / 14418241 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1068/FE/2018 HAR a |
Klasifikasi |
1068/FE/2018 HAR a |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|