PENGARUH IKLAN DI TELEVISI DAN PERSEPSI MEREK TERHADAP MINAT BELI CHANNEL MNC VISION (Studi Pada Pemirsa Televisi di Kediri)
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh iklan Indovision di televisi terhadap minat beli channel Indovision, (2) pengaruh persepsi merek terhadap minat beli channel Indovison, dan (3) pengaruh iklan MNC Vision di televisi dan persepsi merek terhadap minat beli channel MNC Vision di Kediri.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex-post facto. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden yang disebar melalui angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa MNC Vision di Kediri berjumlah 100 responden. Berdasarkan Nomogram Herry King, jika jumlah populasinya 100, maka jumlah sampel pada taraf signifikan 5% adalah 100 orang. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Iklan MNC Vision di televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel MNC Vision warga di Kediri. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,786 dengan tingkat signifikansi 0,000; signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,549. (2) Persepsi Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel MNC Vision warga di Kediri. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji nilai t hitung sebesar 3,084 dengan tingkat signifikansi 0,003; signifikansi lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,347. (3) Iklan Indovision di televisi dan persepsi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel MNC Vision warga di Kediri, hal ini dibuktikan dengan F hitung > F tabel (26,036>3,09) serta nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).
Kata kunci: Iklan, Persepsi Merek, Minat Beli
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Agung Hartono / 14418234 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1065/FE/2018 HAR p |
Klasifikasi |
1065/FE/2018 HAR p |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|