PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST DAMPAKNYA PADA MINAT BELI PRODUK (Studi Kasus Smartphone Oppo Pada Masyarakat di Kediri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh eWOM terhadap brand image produk smartphone Oppo, (2) pengaruh eWOM terhadap brand trust produk smartphone Oppo, (3) pengaruh brand image terhadap minat beli produk smartphone Oppo, (4) pengaruh brand trust terhadap minat beli produk smartphone Oppo, (5) pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone Oppo, (6) pengaruh pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone Oppo yang dimediasi oleh brand image, (7) pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone Oppo yang dimediasi oleh brand trust.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dengan instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kediri yang mengetahui smartphone Oppo. Sampel sebanyak 180 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analisys sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan program AMOS versi 21.0
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) eWOM berpengaruh positif terhadap brand image produk smartphone Oppo dengan CR 4,487>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (2) eWOM berpengaruh positif terhadap brand trust produk smartphone Oppo dengan CR 4,929>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (3) brand image berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Oppo dengan CR 3,786>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (4) brand trust berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Oppo dengan CR 3,093>1,96 nilai p-value (0,002 < 0,05). (5) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Oppo dengan CR 4,235>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (6) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Oppo yang dimediasi oleh brand image dengan pengaruh tidak langsung (PTL) 0,080. (7) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Oppo yang dimediasi oleh brand trust dengan PTL 0,072. Brand image dan brand trust merupakan variabel mediasi parsial atau bukan mediasi penuh.
Kata kunci: eWOM, brand image, brand trust, minat beli
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Permana Wahyu S. / 14418164 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1054/FE/2018 WAH p |
Klasifikasi |
1054/FE/2018 WAH p |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|