PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KLAMPIS SWALAYAN TRENGGALEK
Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini semakin ketat, sehingga menuntut manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi bersaing, agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kepuasan terhadap kualitas produk dan jasa yang diberikan. Kualitas produk yang baik akan mendatangkan kepuasan serta menjadikan pelanggan yang loyal. Loyalitas pelanggan merupakan manifestasi atas keberlangsungan siklus usaha. Kecenderungan pelanggan mengharapkan barang yang baik dengan harga relatif murah, pelayanan yang prima serta suasana belanja yang menyenangkan. Perusahaan harus mempunyai desain bisnis yang disesuaikan dengan model operasional, disamping memperhatikan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Klampis Swalayan Trenggalek merupakan salah satu perusahaan yang tak terelakkan menerima impact dari persaingan bisnis yang ketat belakangan ini, persaingan dengan kompetitor dalam hal kualitas dan kuantitas produk, harga yang kompetitif, promosi yang menarik, pelayanan yang memuaskan, serta suasana toko yang nyaman dan juga tempat yang strategis. perusahaan yang bergerak dibidang retail harus juga berupaya untuk memperhatikan ragam produk yang disediakan.
Penelitian dilaksanakan dengan cara obeservasi dan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh di analisis menggunakan regresi linier berganda dan diuji dengan menggunakan uji t dan uji F. Dalam penelitian ini dideskripsikan pengaruh kualitas pelayanan kepuasan dan keragaman produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Klampis Swalayan Trenggalek. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah: variabel Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan serta Keragaman Produk.
Hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial/individu variabel kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan keragaman produk berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan, secara simultan variabel kualitas pelayanan, kepuasan, dan keragaman produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Klampis Swalayan Trenggalek dengan arah hubungan positif atau memiliki sifat hubungan searah.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Keragaman Produk dan Loyalitas Pelanggan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Imam Sobirin / 14418086 - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
1037/FE/2018 SOB p |
Klasifikasi |
1037/FE/2018 SOB p |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi Ekonomi Manajemen |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
F.Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
KEDIRI |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|